Lowongan Kerja Tulungagung: Pengajar Bahasa Inggris

Lowongan Kerja Tulungagung – Suka mengajar dan ingin menjadi pengajar Bahasa Inggris? Maka ini akan menjadi kesempatan yang bagi kamu untuk bergabung dengan kami. Saat ini Lembaga Kursus Bahasa Inggris NTC Tulungagung sedang membutuhkan pengajar Bahasa Inggris dengan ketentuan:
  • Laki-laki/perempuan
  • Lulusan S1 Bahasa Inggris atau alumni Kampung Inggris
  • Tertarik di dunia pendidikan

Lowongan Kerja Tulungagung

Jika kamu memenuhi kriteria tersebut, segera saja ambil peluang Lowongan Kerja Tulungagung ini dengan mengirim lamaran kerja ke NTC Tulungagung, Dsn. Srigading, Bolorejo, Kauman. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi 0857 2958 0066.

Selain pengajar, bila kamu memiliki ketertarikan di bidang marketing, kamu juga bisa melamar sebagi Marketing Freelance. Jika tertarik, langsung saja datang NTC Tulungagung (500 meter barat pasar Kliwon, Kauman) atau menghubungi nomor 0857 2958 0066 tersebut.

Tips Wawancara Kerja Lowongan Kerja Tulungagung

Bila kamu tertarik dengan Lowongan Kerja Tulungagung tersebut dan ingin menjadi pengajar Bahasa Inggris, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips dalam wawancara kerja agar kamu lebih percaya diri. Biasanya pertanyaan yang diajukan saat wawancara kerja jadi guru akan sedikit berbeda dengan wawancara lainnya. Wawancara bisa dinilai dari penguasaan materi, penguasaan teknik mengajar ataupun latar belakang dari pelamar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Fokuslah pada siswa

Berikan pemaparan yang jelas bahwa akan fokus dengan hubungan antar siswa dan guru. Begitupiun dengan pemahaman siswa terhdap pelajaran.

2. Research

Layaknya wawancara seperti umumnya, sebelum memulai, kamu harus mencari tahu berbagai hal tentang tempat kita melamar. Caranya dengan bertanya pada teman, mencari di internet, atau yang lainnya. Dengan begitu kita akan tahu berbagai hal. Dari sini kita bisa mmeposisikan diri bila ingin bisa diterima.

3. Pengalaman Mengajar 

Kita akan lebih dipercaya untuk menceritakan pengalaman mengajar. Contohnya saja seperti jadi volunteer dalam mengajar anak-anak, guru privat atau yang lainnya. Bila mungkin, ungkapkan saja pengalaman entah itu kekurangan atau kelebihan ketika mengajar. Hal itu berarti kita bisa mengevaluasi sendiri cara mengajar kita.

4. Sosok Guru Idola

Tidak menutup kemungkinan, kita juga akan ditanya tentang bagaimana sosok guru idola kita. Hal ini ditukan agar mengetahui motivasi dalam mengajar kita. Kita bisa menyebutkan sosok guru yang kita senangi atau yang memberi inspirasi. Ceritakan saja apa yang menjadi kelebihannya dalam menjadi sosok seorang guru. 

5. Tantangan

Umumnya akan ada pertanyaan tentang apa saja tantangan yang akan dihadapi sebagai seorang guru. Dengan mengetahui berbagai tantangan tersebut, maka kita akan bisa dianggap memahai berbagai isu pendidikan. Oleh karenaya, rajin-rajinlah membaca untuk mengetahui perkembanagn dunia pendidikan.

6. Bad Mouthing

Hindarilah berbicara tentang hal-hal negatif tentang orang maupun hal lain. Entah itu tempat siswa, bekerja sebelumnya, maupun wali siswa yang pernah ditemui. Jelaskan saja bahwa kamu mendapatkan banyak pelajaran dari yang telah berlalu.

7. Sosial Media

Dengan berkembangnya teknologi, burmunculan beragam jenis sosial media. Biasanya guru pun memiliki akun sosial media. Namun jangan dijadikan tempat berkeluh kesah, hanya sekedarselfie atau memancing keributan. Bila mencantumkan akun sosial media pada cv, coba perhatikan dulu konten yang pernah kita buat.

8. Kekurangan dan Kelebihan

Mereka pasti mencari guru yang mampu menjadi seorang pembelajar. Ketika memaparkan tentang kelebihan yang dimiliki, berikan jawaban yang luas tapi tetap terkait dengan dengan bidang. Seperti mampu bekerja dengan team, mampun bekerja di bawah tekanan, disipin waktu, manajemen konflik, dan lainnya. Paparkan kelemahan Anda secara diplomatis agar tidak terkesan negatif. Paparkan juga berbagai cara yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan.

Hal yang paling penting adalah jawablah semua pertanyaan dengan jujur. Besikaplah baik dan profesional pada semua orang. Kita tidak akan tau siapa yang akan mewawancarai kita nantinya atau siapa yang mungkin akan menjadi murid kita. Saat wawancara, pakai pakian yang rapi dan sopan saat wawancara kerja Lowongan Kerja Tulungagung.

Tips Menjadi Guru Les Saat Diterima dalam Lowongan Kerja Tulungagung

Setelah diterima dalam Lowongan Kerja Tulungagung sebagai guru les, lalu apa yang perlu diperhatina? Menjadi guru les terutama privat merupakan salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan.  Ini karena siswanya yang sedikit. Biasanya menajdi guru les privat, kita hanya perlu mengajar satu siswa. Dengan begitu, maka kita hanya perlu memahami karakter satu siswa saja. Bandingkan saja  dengan guru kelas yang perlu memahami banyak karakter siswa yang umumnya jumlahnyappuluhan per kelas. Pastinya ini akan menentukan teknik mengajar.

Kelebihan lain yang kita dapat adalah pengahsilan yang lumayan. Ini karena kelas privat dihitung per pertemuan dengan durasi yang lumayan singkat. Hanya 1 sampai 2 jam saja. suasana belajar pun lebih santai tidak seformal di kelas biasa. Malah lebih sering akan menjadi tempat curhat siswanya. Ini karena biasanya guru les privat memang lebih dekat secara personal dan siswanya pun merasa lebih nyaman.

Lalu bagaimana menjadi huru privat yang baik? Berikut beberapa hal yang perlu agar dapat menjadi guru les yang keren. Dengan begitu kita akan disukai siswa, wali murid dan tentu akan mendatangkan rezeki bagi kita.

1. Jaga Penampilan

Menjaga penampilan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Terlebih lagi ketika hari pertama akan mengajar. Ingatlah bahwa "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda". Memang harus diakui jika pakaian mahasiswa yang layak pakai dan sopan bisa dihitung dengan jari, tapi usahakanlah menggunakan pakaian yang pantas dan memantaskan diri. Coba mandi dahulu sebelum mengajar, pakai pakaian yang bersih, sisir rapi, dan pakai minyak wangi. Tapi harus diingat juga jangan sampai terlalu banyak menggunakan minyak wanginya. Bisa-bisa dianggap bukan mau mengajar, tapi dikira mau nonton dangdutan. Selain itu wangi parfum yang berlebihan bisa mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar.

2. Siapkanlah Bahan Ajar serta Media Pembelajaran

Sekarang ini adalah zaman dimana guru dituntut agar harus tampil menyenangkan. Dalam beberapa kesempatan sebaiknya tunjukkan hal yang unik atau terkadang sipakan topik materi yang disusun layaknya sebuah lawakan, game, atau pelajaran-pelajaran yang menyenangkanlainnya. Coba buatlah sistematika pembelajaran yang akan di lakukan pada sehari maupun 1-2 jam sebelum mengajar. Janganlah menjadi guru yang biasa saja. bukankah jadi tidak ada istimewanya kamu dengan guru yang lain? Sudah banyak guru yang biasa saja, maka jadilah guru yang bisa menginspirasi. Selain itu, cobalah sesekali lakukan praktikum saat mengajar. Ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Pakai saja alat dan bahan yang ada di rumah, yang paling penting ada;ah kemauan. Lakukanlah hal-hal simpel dalam kegiatan sehari-hari. Namun karena telah diterima dalam Lowongan Kerja Tulungagung sebagai pengajar, maka lakukan praktikum yang ada hubungannya dengan Bahasa Inggris.

3. Mulailah Pelajaran dengan Doa dan Cerita

Mulai kegiatan belajar dengan berdoa bersama. Kemudian tanyakan terlebih dahulu apa yang dilakukan oleh siswa tersebut di sekolah? Bahakan tanyakan pula hal-hal pribadi barangklai ada masalah yang menimpanya. Hal-hal tersebut bisa dilakukan. Biarkan siswa merasa jika kamu adalah temannya sehingga membuatnya nyaman dan bisa dipercaya. Di pertemuan yang pertama barangkali kamu tidak bisa memaksa untuk bercerita terlebih dahulu. Cobalah untuk memancing kemampuannya dalam berbicara serta berpendapat. Mulai ceritakan diri kamu sendiri, ceritakanlah hal-hal lucu yang pernah dialami, atau ceritakanlah bagaimana masa lalu secara jujur. Jangan biarkan dia lebih suka bercerita atau mengumpat di sosial media, sebab hal itu tidak menyelesaikan masalah. Justeru akna membuat penilaian orang lain padanya semakin buruk.

4. Posisikan diri sebagai teman belajar, bukan seperti guru kelas di sekolah.

Karena sebagai teman belajar, maka ada baiknya untuk tidak memberi siswa PR yang brtumpuk. Ingatlah bahwa mereka telah merasa stres dengan tugas sekolah yang menumpuk atau kegiatan yang lainnya. Bukankah kita datang sebagi teman belajarnya? Bukan malah menambah beban siswa. Perlu diingat juga, sebenarnya guru les privat bukan benar-benar guru. Tugas pokok guru les adalah sebagai teman belajar. Maka kamu harus jadi orang yang paham betul kebutuhan siswa tentang pendidikan, orang yang paling mengerti tentang kesulitan siswa dan paling memahami masalah pergaulan siswa di sekolah. Ingatlah bahwa kamu adalah teman belajar yang telah diberi tanggung jawab orang tuanya. Jadi tidak perlu marah maupun menunjukkan wajah kesal bila siswa kamu memperoleh nilai yang kurang bagus. Sebaliknya, berarti caramu mengajarinya masih kurang benar sehingga dia mendapat nilai yang kurang memuaskan.

5. Tanamkanlah Sikap Moral serta Bangun Karakternya

Coba pikirkan apa sebenarnya tujuan kita menjadi guru les privatnya. Apakah hanya sekedar membuatnya pintar dan nilainya bagus? Tapi sebenarnya lebih dari itu, yang diperlukan adalah siswa yang pantang menyerah, jujur, terbuka, serta ramah. Membentuk karaktermyalah yang sulit. Jika ingin nilainya bagus, kita bisa mengajarinya dengan metode dna materi yang kita kuasai. Namun untuk membentuk karakter, pasti  akan membutuhkan waktu yang lama. Maka hal yang perlu dilakukan adalah coba tunjukkan sikap terpuji, jangan pernah nampak cemberut di depan murid. Selalu tersenyum dan memberi semangat serta memuji. Bila siswa salah, berikanlah koreksi yang dengan cara yang mendidik, bukan malah menyalahkannya. Cara membangun karakter, bisa dengan menceritakan kisah-kisah teladan yang menghibur. Ketika siswa bercerita tentang peroslan yang dihadapinya, lakukan pengarahan agar siswa bertindak dengan benar.

6. Belajar Tidak Hanya Dirumah

Apakah siswa tidak semangat belajar? Coba saja ajak belajar di luar ruangan, seperti dihalman, taman, kafe atau tempat- tempat lain yang memungkinkan. Dinding-dinding rumahlah yang kadang menjadi pembatas pemikiran siswa.

siswa sudah jenuh dengan lingkungan berdinding tebal setiap harinya. Buatlah suatu solusi lingkungan pembelajaran. Saya pastikan cara ini sangat efektif sekali. Pengamatan saya menunjukkan daya konsentrasi dan ketenangan pemikiran siswa bertambah kuat ketika belajar di luar rumah/kamar.

7. Beri Siswa Penghargaan

Cobalah memberi siswa penghargaan jika mendapat nilai bagus maupun setelah melakukan hal yang terpuji. Begitu pula saat ketika ulang tahun, jangan lupa memberi kado juga mendoakannya. Ini dilakukan supaya ikatan batin antara guru dengan siswa semakin kuat.

Demikianlah ulasan tentang Lowongan Kerja Tulungagung. Bagi kamu yang berminat menjadi pengajar Bahasa Inggris, maka langsung saja kirim lamaran ke NTC Tulungagung Ds. Srigading, Bolorejo Kauman atau emnghhubungi 0858 5636 2225.

Posting Komentar

0 Komentar

banner