CARA MENGHITUNG SCORE TOEFL PBT CBT DAN iBT|085 856 362 225

Cara Menghitung Score TOEFL – melakukan tes TOEFL sering menjadi ujian dasar di dalam proses penerimaan mahasiswa baru yang melanjutkan ke luar negeri. Bukan hanya itu Tes TOEFL juga difungsikan bagi sarjana S1 untuk melanjutkan S2. Hal ini berarti tes Toefl sangat dibutuhkan khususnya dalam bidang pendidikan. Setelah kamu melakukan tes, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cara Menghitung Score TOEFL yang benar?
Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara Cara Menghitung Score TOEFL, cara ini bisa kamu lakukan setelah berlatih tes sehingga akan timbul kepuasan tersendiri karena kamu bisa mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan kamu  dalam mengerjakan soal tes TOEFL tersebut.
Cara Menghitung Score TOEFL -  Setelah kamu menghitung semua nilai score TOEFL maka akan diperoleh nilai antara 20 sampai 68 untuk semua section baik Listening, Structure and Written Expression dan Reading. Jadi, secara keseluruhan nilai yang akan kamu peroleh berkisar antara 310 hingga 677.
Berikut ini ada 4 tingkatan level score TOEFL yang diakui, dengan nilai score minimal 310 :
a.      score 310 – 420 = Tingkat dasar (elementary)
b.      score 420 – 480 = Tingkat menengah bawah (low intermediate)
c.       score 480 – 520 = Tingkat menengah atas (high intermediate)
d.      score 525 – 677 = Tingkat mahir (advance)
CaraMenghitung Score TOEFL – Yang perlu diketahui sekarang ini standar tersebut banyak dibutuhkan ketika tes CPNS ataupun kuliah pasca sarjana. Disamping itu, hal ini juga sangat penting terutama dalam pelajaran untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri tetapi skor TOEFL yang diperoleh dapat berbeda-beda serta setiap peraturan juga bisa berubah sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku.
Untuk itu jika kamu melakukan tes CPNS ataupun tes sekolah ke luar negeri ada baiknya cek ulang dahulu score TOEFL yang instansi atau lembaga tersebut butuhkan. Jika kamu mengalami kesulitan di dalam Cara Menghitung ScoreTOEFL dengan cara manual sebetulnya ada cara yang lebih mudah dengan bantuan software / aplikasi, dengan seperti itu jawaban yang kamu peroleh bisa lebih akurat serta prosesnya bisa lebih cepat.
Cara Menghitung Score TOEFL – umumnya, skor TOEFL standar yang dibutuhkan untuk mengikuti tes CPNS serta kuliah pasca sarjana antara poin 2 dan 3. Sedangkan, guna kepentingan melanjutkan sekolah ke luar negeri diperlukan skor TOEFL dengan tingkat mahir atau advance, akan tetapi ada juga yang bisa menerima score TOEFL dengan tingkat menengah atas. Score yang mereka perlukan sebagai syarat yang mereka buat dan bisa saja berubah sesuai dengan aturan atau kebijakan yang mereka buat. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengecek ulang score TOEFL yang mereka butuhkan.
CaraMenghitung Score TOEFL – apabila kamu menggunakan software maupun aplikasi genius TOEFL, nilai belajar serta score TOEFL kamu akan langsung muncul sesuai dengan perhitungan jawaban kamu berdasarkan perhitungan konversi yang akan diberikan dibawah artikel ini. Ada baiknya kamu menggunakan program ini sebagai media belajar supaya menguasai materi TOEFL serta kunci rahasia menjawab soal TOEFL jadi kamu bisa mengerti serta memahami bentuk soal dan menemukan solusi dalam menjawab soal-soal test TOEFL secara tepat.
Berikut ini kami berikan 3 macam jenis tes TOEFL, nilai serta CaraMenghitung Score TOEFL yang berbeda yaitu Tes TOEFL PBT, CBT, dan iBT yang mempunyai nilai perhitungan serta score masing-masing. Berikut kami berikan penjelasan mengenai Cara Menghitung Score TOEFL dari masing-masing jenis tes:
A.        Cara Menghitung Score TOEFL PBT
Score TOEFL PBT (Paper Based Test) dihitung dengan memanfaatkan 2 sistem konversi. Ini artinya, setiap jawaban tes yang benar mempunyai nilai tertentu. Contohnya, satu jawaban benar nilainya 20, dua jawaban benar nilainya 21,  tiga jawaban benar nilainya 23, sampai dengan seterusnya. Nilai yang jawaban benar bisa dilihat pada tabel konversi. Sesudah nilai pada masing-masing section telah ditemukan, jumlahkan kemudian bagi tiga, dan dikalikan sepuluh. Setelah itu akan didapat score antara 220 (score terendah) sampai dengan 677 (score tertinggi). Itulah score TOEFL yang kamu peroleh.
Cara Menghitung Score TOEFL PBT ada beberapa langkah. Langkah pertama yaitu kamu harus mengoreksi jawaban yang telah kamu buat kemudian hitunglah jumlah jawaban yang benar. Kemudian, cocokkanlah jumlah jawaban yang benar dengan tabel konversi pada kolom nilainya. Contohnya ada 41 jawaban yang benar pada section listening comprehension, ada 20 jawaban benar pada section structure and written expression, serta 40 jawaban yang benar pada section reading comprehension. Kemudian, cocokkan ketiga angka tersebut dengan nilai pada tabel konversi:



KETERANGAN
LISTENING
STRUCTURE
READING
JUMLAH JAWABAN BENAR
41
20
40
SKOR TERKONVERSI
58
44
55

Kemudian gunakan cara berikut untuk menghitung konversi tersebut :

1. Tambahkan ketiga nilai yang telah dikonversi
=>>  58+44+55
2. Bagilah jumlah nilai tersebut dengan 3 (tiga)
=>>  157 : 3 = 52,3
3. Kalikan hasil tadi dengan 10 (sepuluh)
=>>  52,3 x 10 = 523
Berikut ini contoh dari Tabel CaraMenghitung Score TOEFL PBT :
TOEFL CBT (Computer Based Test) mempunyai skala nilai berbeda dengan PBT. Apabila score PBT berkisar antara 220-677, CBT berkisar 0-300. Cara menghitung scorenya sama dengan menghitung score pada PBT, yaitu dengan menjumlahkan score pada setiap section, kemudian bagi tiga, dan dikalikan sepuluh. Berikut tabel skala penilaian pada TOEFL CBT :

SECTION
SKOR
Reading
0-30
Listening
0-30
Structure/Writing
0-30
TOTAL
0-300










Berikut ini adalah contoh tabel perbandingan score TOEFL PBT dan  CBT :
PBT
CBT
677
300
650
280
600
250
550
213
500
173
450
133
400
97


















C.       Cara Menghitung Skor TOEFL IBT
Dalam penghitungan score iBT (Internet Based Test), score diperoleh melalui cara memadukan penilaian matematis melalui komputer serta penilaian oleh manusia. Penilaian ini berbeda dengan tes PBT serta CBT yang mengandalkan penghitungan matematis. Guna memperoleh nilai resmi, kamu harus menjawab minimal satu pertanyaan dari setiap section reading dan listening, kemudian menulis minimal satu essay, dan melewati minimal satu tes speaking. TOEFL iBT ini dikerjakan dengan jaringan Internet dan mempunyai empat bagian skala dalam penilaian, yaitu :
SECTION
SKOR
Reading
0-30
Listening
0-30
Writing
0-30
Speaking
0-30
TOTAL
0-120
Dengan informasi yang telah kami berikan diatas kami berharap kamu sudah mengetahui Cara Menghitung Skor TOEFL dan bisa mempraktekkannya dengan baik.
Nah, sekedar info. Bagi kamu yang ingin mengikuti TES TOEFL kamu bisa datang ke NTC TULUNGAGUNG, yaitu lembaga kursus bahasa inggris METODE KAMPUNG INGGRIS yang menyediakan tes TOEFL bagi kamu yang ingin mengikuti tes TOEFL PBT dengan harga yang terjangkau. Selain tes TOEFL ada banyak program yang NTC Tulungagung miliki yaitu diantaranya :
Program di NTC TULUNGAGUNG:
1. Program SPEAKING
2. Program GRAMMAR
3. Program Kursus preparation to TOEFL
4. TES TOEFL
5. TRIK TOEFL ( strategi mengerjakan soal-soal TOEFL)
6. TOEFL ONLINE lebih praktis
7. Program SD, SMP, SMA, UMUM
8. Training guru bahasa inggris
9. English for children
Bagi kamu yang penguasaan bahasa inggris nya kurang bisa mengikuti kursus di NTC TULUNGAGUNG dengan memilih program yang kamu butuhkan.
Kamu bisa menghubungi kami :
Dsn. Srigading Ds. Bolorejo Kec. Kauman Tulungagung / 085 856 362 225
Fb : Kursus Bahasa Inggris Tulungagung
Ig : ntc_kursusinggris

Posting Komentar

0 Komentar

banner