Bahasa Inggris PROGRAM LIBURAN SEKOLAH | NTC Tulungangung 08585636225


    


   Ide kegiatan liburan sekolah anak . Liburan sekolah hampir tiba. Sudahkah Anda menemukan aktivitas-aktivitas yang bisa diikuti oleh anak-anak selama liburan? Beberapa kegiatan di bawah ini bisa menjadi ide bagi Anda untuk merancang liburan yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak.

 Bermain Air 

   - Anak-anak cenderung suka bermain air. Anda bisa memberikan kolam plastik buat mereka di halaman rumah dan biarkan mereka bermain-main dengan pistol airnya.
Daftar yang Harus dikerjakan
    - Berikan ide daftar apa saja yang harus mereka kerjakan. Ajak mereka berdiskusi di meja makan. Misal saja mereka masih punya PR yang harus dikumpulkan saat masuk sekolah nanti, atau pekerjaan kelompok yang mengharuskan teman-temannya berkumpul di rumah, dsb.
Jadwal Membaca
     - Coba Anda pilah-pilah buku-buku mana yang jarang dan bahkan belum pernah di baca. Berikan jadwal membaca untuk buku-buku tersebut. Atau jika memungkinkan belikan buku baru yang disukainya agar waktu mereka tersita untuk membaca buku-buku tersebut di sela waktu luang untuk mengisi liburan sekolah.
Belajar sesuatu yang baru
     - Mungkin putra/putri Anda masih belum piawai bersepeda atau mengenakan roller coaster. Biarkan mereka melatih kegiatan ini di taman atau tanah lapang terdekat jika halaman rumah Anda kurang luas. Hal baru yang disenangi anak-anak tentunya tidak akan membosankan bagi mereka, sehingga mereka tidak akan jenuh selama liburan sekolah.
Janjian Main dengan Teman
     -  Berikan waktu buat mereka untuk janjian bermain dengan teman sebayanya. Bisa dengan teman sekolah ataupun teman di lingkungan rumah. Mereka akan lebih berkembang dengan lingkungan sosialnya yang beragam selama liburan sekolah.
Menyalurkan hobi
      - Sediakan peralatan gambar jika putra/putri Anda suka melukis. Sediakan piano jika dia suka bermain piano. Tentunya Anda lebih tahu hobi putra/putri Anda, jadi sediakan segala sesuatu yang menarik minatnya, mereka akan tekun mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan hobinya tanpa merasa jenuh. Mumpung mereka sedang punya banyak waktu senggang selama liburan sekolah, biarkan kreatifitasnya terasah.
Sungguh menyenangkan mengisi liburan dengan berkemah  - Banyak pilihan kegiatan untuk mengisi waktu liburan sekolah. Masing-masing pilihan pasti ada plus minusnya. Salah satu kegiatan mengisi waktu liburan sekolah bersama keluarga adalah Berkemah / camping.Bila kita mendengar kata Berkemah atau camping, bayangan kita adalah kegiatan yang selalu diikuti oleh Pramuka.  Kegiatan Berkemah / camping memang tidak bisa dilepaskan dari Pramuka, kegiatan yang mengajarkan hidup mandiri dan kesederhanaan hidup memang salah satu kegiatan yang identik dengan Pramuka. Seiring perjalanan waktu ternyata kegiatan menyenangkan yang selalu diadakan oleh Pramuka dan Pecinta alam tersebut akhir-akhir ini banyak diminati oleh orang-orang diluar organisasi Pramuka dan Pecinta alam. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan kegiatan Berkemah / camping bersama keluarga antara lain : Melatih anak untuk belajar hidup mandiri. Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta alam lebih dini. Lebih mendekatkan hubungan antara anggota keluarga. Melatih anak untuk hidup bergotong royong. Menambah teman dan kelompok. Menumbuhkan pemahaman dan rasa syukur akan kebesaran ciptaan Allah SWT. Mengasah ketrampilan dan kreatifitas berkegiatan di alam bebas. Dan masih banyak lagi manfaat kegiatan berkemah bersama keluarga. 
MENENTUKAN LOKASI BERKEMAH  -Hal utama yang harus diperhatikan saat akan mengadakan kegiatan berkemah adalah memilih tempat atau lokasi berkemah / camping. Buat yang sudah terbiasa berkemah seperti Pramuka atau Pecinta alam tempat dengan minim fasilitas bahkan sedikit ekstreem mungkin tidak masalah karna mereka sudah terbiasa berkemah dengan kondisi alam apa adanya justru itu menjadi tantangan yang mengasyikkan dengan memanfaatkan alam yang ada. Namun bagi pemula bila ingin berkemah / camping  bersama keluarga atau"Family Camp" , faktor keamanan,  kenyamanan dan fasilitas yang memadai merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan.  Jangan sampai tujuan untuk bersenang-senang atau fun menjadi petaka dan

 Keamanan Lokasi   -Keamanan  Lokasi harus benar-benar aman bagi dari segi alam maupun gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.  

 Fasilitas - Sumber air bersih dan fasilitas MCK Kebersihan areal perkemahan / camping dengan kontur tanah yang baik serta sumber air bersih yang cukup serta ketersediaan MCK (Mandi Cuci Kakus)  yang memadai sehingga mencukupi untuk jumlah peserta yang berkemah.
Pemandangan  -Pemandangan atau View Tidak kalah pentingnya lokasi sebaiknya mempunyai pemandangan dan view yang relatif indah .

Tips Aman Camping Bersama Anak-Anak Saat Liburan -Banyak cara atau kegiatan yang berguna untuk mempererat jalilan kasih sayang antar anggota keluarga, salah satunya adalah camping atau berkemah. Selain treking ke gunung, camping dengan suasana alam sangat cocok di lakukan saat musim liburan.

Mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, belajar memasak, berbagi makanan dengan anggota keluarga lain adalah sebagian kecil hal-hal yang dapat dipelajari anak-anak dalam kegiatan camping keluarga. Mereka akan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain untuk suatu tujuan.
 Para orang tua juga dapat mengenalkan cara-cara hidup bersahabat dengan alam dan pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar melalui kegiatan ini. Akan tetapi, kegiatan ini memang harus dipersiapkan jauh hari sebelumnya, terutama jika hendak camping di alam terbuka.
Survey lokasi   -Survey lokasi penting agar orang tua tak kesulitan mencari toilet atau air untuk keperluan memasak. Dengan melakukan survey kita dapat memutuskan jenis tenda dan peralatan apa saja yang harus di bawa untuk camping keluarga.
Pilih lokasi yang tepat    -Camping keluarga tentu sedikit berbeda dengan camping yang kita lakukan bersama teman-teman semasa sekolah atau kuliah. Jangan pilih medan yang terlalu berat untuk dijangkau, seperti di dalam hutan misalnya. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota dan suasananya tidak terlalu sunyi.
Tentukan berapa lama waktu berkemah   -Rencanakan dengan seksama berapa hari camping akan dilakukan, karena ini penting untuk menentukan peralatan apa saja yang harus dibawa.
Sebelum berkemah sosialisasikan kepada anak    -Sosialisasi tentang camping keluarga penting agar anak tidak merasa kecewa dengan apa yang akan ditemui dan dialaminya nanti di lokasi perkemahan. Jika mereka tampak tidak tertarik, tunjukkan gambar-gambar tenda untuk berkemah dan ajak mereka membayangkan bagaimana rasanya tidur dalam tenda.
Buat rencana aktifitas selama camping   -Buatlah beberapa peraturan untuk camping, seperti tidak bermain gadget selama camping dan diganti dengan kegiatan menarik seperti membuat api unggun, memasak, story telling dan lainnya. Hal ini berguna untuk membangun keakraban antar anggota keluarga.

Ajarkan anak untuk tetap menghargai alam     -Cara lain untuk menghargai alam adalah dengan tidak membuat sampah sembarangan saat sedang camping. Selain itu ajari juga mereka untuk tidak merusak keindahan alam atau sembarangan memetik hasil alam.

Nah itu beberapa hal bisa kamu lakukan pada waktu liburan .Di Tulungagung juga sekarang juga ada tempat yang fun buat liburan kamu di NTC Tulungagung . Liburan kamu akan sangat menyenangkan ada Program CAMP Liburan Sekolah NTC Tulungagung , untuk Pgramnya ada:
Program Privat : - GRAMMAR Dan SPEAKING
Program Toefl : - Privat Toefl + Tes 
                          -  Trik + Tes Toefl
                          - Tes Toefl Dan Toefl Online .
Program English  For Children Dan Program Liburan .
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi
:
Telp: 085 856 362 225
Website :
www.ntckursusinggris.com
Alamat :Dsn.Srigading –Bolorejo - Kauman




Posting Komentar

0 Komentar

banner