MACAM - MACAM MODAL | NTC Tulungagung 085 856 362 225



Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit materi bahasa inggris. Bagi pelajar pasti tidak asing lagi dengan materi yang satu ini yaitu modal dalam bahasa inggris. Nah, untuk menambah pengetahuan kalian dalam materi modal, berikut kami beri penjelasan dan contoh dari Macam-macam Modal.
1.      Pengertian Modal
Sebelumnya kita bahas dulu mengenai pengertian dari modal itu sendiri, supaya kita lebih mudah memahami Macam-macam Modal yang banyak. Modal merupakan kata kerja bantu yang mana penerapan atau penggunaannya ialah kata kerja utama serta memiliki fungsi menyatakan permission (izin), necessity (keperluan), atau possibility (kemungkinan).
2.      Macam-macam Modal
Macam-macam Modal ada 3 macam yaitu modal present, modal past, serta modal perfect. Modal present maupun modal past hanya dapat diikuti oleh bentuk infinitive tanpa diikuti oleh to atau bare infinitive, berbeda dengan modal perfect yang diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga atau Verb 3.
a.      Modal Present
Pertama akan dijelaskan Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal present ialah :
a)      Will
Modal present will ini memiliki fungsi untuk menyatakan masa yang akan datang “future”, keinginan atau niatan “willingnes” serta dapat juga digunakan untuk memperhalus dalam menyatakan permintaan “polite request”. Dalam menyatakan masa yang akan datang, modal ini dapat digantikan dengan bentuk is/am/are + going to. Berikut contoh dari Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal present “will”.
ü  I will go to Japanese.
ü  I will help you if you need my help.
ü  Will you prepare a cup of tea for me, please!
b)      Shall
Macam-macam Modal present yang kedua yaitu shall. Sama dengan will, shall juga difungsinkan untuk menyatakan masa yang akan datang yang mana subyek yang digunakan adalah I atau We. Selain itu, shall digunakan untuk meminta saran dan pendapat.
Berikut contoh dari Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal present “shall”.
ü  I shall go to china someday.
ü  Shall I open the door?
c)      May
Macam-macam Modal present yang ketiga yaitu may. Modal ini mempunyai fungsi untuk menyatakan izin secara formal (polite permission) dan juga kemungkinan (possibility). Berikut contoh dari Macam-macamModal yaitu yang digolongkan modal present “may”.
ü  You may go to mall, but you have to go home before late.
ü  She may be angry because of us.
d)      Can
Macam-macam Modal present yang keempat yaitu can. Modal satu ini mempunyai fungsi untuk menyatakan kemampuan atau ketidakmampuan (ability / possibility) serta izin informal. Di dalam menyatakan kemampuan / ketidakmampuan modal ini dapat digantikan dengan to be able atau to be capable of. Berikut contoh dari Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal present “can”.
ü  I can do my homework by my self!
ü  You can be the winner in asean games.
e)      “Must” sama dengan have to/has to
Macam-macam Modal present yang kelima yaitu must yang mana setara dengan have to atau has to. Modal ini memiliki fungsi untuk menyatakan keharusan serta kesimpulan. Untuk menyatakan keharusan dapat digantikan dengan have to  atau juga has to serta bentuk negatifnya. Berikut contoh dari Macam-macamModal yaitu yang digolongkan modal present “must”.
ü  You must go home now!
ü  You mustn’t be here at this time.
f)       Ought to
Macam-macam Modal present yang keenam yaitu ought to. Modal ini mempunyai kegunaan untuk menyatakan saran. Berikut contoh dari Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal present “ought to”.
ü  It is raining, you ought to bring your umbrella.
Macam - macam Modal

b.      Modal past
Selanjutnya yang kedua akan dijelaskan Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal past. Yang tergolong ke dalam modal bentuk past umumnya adalah bentuk kedua dari modal present yaitu :
a)      Would
Macam-macam Modal past yang pertama yaitu would. Modal ini mempunyai kegunaan menyusun past future tense, serta menyatakan kembali dalam bentuk keinginan serta preference, dan juga meminta dengan sopan.
Contoh :
ü  I would like to join you to the cinema tonight.
ü  Rara would have cleaned the whole house by the time her family come back last Friday.
b)      Should
Macam-macam Modal past yang kedua yaitu should. Modal ini mempunyai fungsi untuk memberikan saran (suggestion) serta menyatakan kemungkinan / kepastian (possibility / certainly).
Contoh :
You should change your money.
Hera should be studying now.
c)      Might
Macam-macam Modal past yang ketiga yaitu might. Modal ini mempunyai fungsi untuk menyatakan kemungkinan di masa lampau serta memperhalus permintaan.
Contoh:
ü  She might be sad because she didn’t see you last night
ü  Might I go home now?
d)      Could
Macam-macam Modal past yang keempat yaitu could. modal ini mempunyai fungsi untuk menyatakan kemampuan lampau (past ability) serta untuk menyatakan permintaan dengan sopan (polite request).
ü  I didn’t help her because she said she could do it by herself.
ü  Could you come to my house, please!
c.       Modal Perfect
Selanjutnya yang terakhir akan dijelaskan Macam-macam Modal yaitu yang digolongkan modal perfect. Modal perfect mencakup bentuk seperti dibawah ini:
a)      Should have / ought to have
Macam-macam Modal ini berguna untuk menyatakan saran yang dilakukan pada masa lampau tapi tidak dilakukan pada masa lampau dan bisa juga menyatakan kemungkinan pada masa lalu.
Contoh :
ü  You should have tried harder, so you would win the competition.
ü  Rani should have been sleepy when she drove so the accident happened.
b)      Must Have
Macam-macam Modal ini fungsinya untuk menyatakan sebuah kesimpulan mengenai hal yang terjadi pada masa lampau.
ü  Rahil must have prepared this work since a week ago.
c)      Could have
Macam-macam Modal ini fungsinya untuk menyatakan kesimpulan tentang hal yang terjadi pada masa lampau akan tetapi tak digunakan.
ü  Edward could stay here longer, but he went home earlier.
d)      Might Have
Macam-macam Modal ini fungsinya untuk menyatakan kemungkinan pada masa lampau.
ü  Rahel looked very upset, we might have made mistake last night.
Nah, kami sudah memberikan Macam-macamModal ini beserta contoh-contohnya yang bisa kamu pelajari.
Bagi kamu yang berminat untuk kursus bahasa inggris bisa datang ke dsn. Srigading ds. Bolorejo kec. Kauman Tulungagung. Disini kamu akan lebih bisa mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa inggris, karena banyak program yang kami berikan: Kursus TOEFL, Tes TOEFL, Trik TOEFL, Grammar, Speaking, English for Children, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan jika kursus di NTC Tulungagung metode kampung inggris ini.  
Kamu bisa meghubungi kami di 085 856 362 225
Email : adm.ntctulungagung@gmail.com

Posting Komentar

0 Komentar

banner