Mudah menghafal Tenses | RUMUS TENSES BAHASA INGGRIS




Rumus Tenses Bahasa Inggris – Pengertian tenses dalam bahasa inggris merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang menunjukkan (waktu sekarang, lampau, atau masa yang akan datang) terjadinya suatu peristiwa. Pada dasarnya untuk bisa menguasai bahasa Inggris modal utama yang harus dikuasai ialah RumusTenses Bahasa Inggris. Kenapa demikian? Ada berbagai sumber yang mengatakan apabila kita menguasai tenses yang ada di dalam ilmu Bahasa inggris, maka kita sudah menguasai 60% kemampuan untuk berbahasa inggris.
Mengapa kita harus menguasai Rumus Tenses Bahasa Inggris? Alasannya yaitu karena didalam aktivitas berbahasa Inggris seperti hal nya writing, speaking, kita tentu perlu tenses dalam penerapannya supaya orang lain memahami apa yang kita maksud dan ingin disampaikan.
Ketika kita tidak menggunakan Rumus Tenses Bahasa Inggris dalam menyusun kalimat, hampir banyak kesalahan dalam penyusunan kalimat. Oleh sebab itu, pemahaman akan Rumus Tenses BahasaInggris sangat penting dimiliki supaya bisa berinteraksi maupun memahami kalimat yang orang lain ucapkan.
Didalam menguasai Rumus Tenses Bahasa Inggris kita akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan dari menguasai Rumus Tenses Bahasa Inggris adalah kita dapat dipastikan mengerti semua tata bahasa maupun gramatikal yang ada dalam bahasa Inggris. Karena, semua tata bahasa maupun gramatikal yang dipelajari dalam bahasa Inggris tidak terlepas dari susunan kata, yang semua itu terangkup dalam Rumus Tenses Bahasa Inggris yang ada 16 tenses.
Penggunaan Rumus TensesBahasa Inggris  sangat dipengaruhi oleh waktu. Berbeda dengan bahasa indonesia, walaupun waktunya besok, sekarang, dulu minum ya tetap minum tidak ada perubahan dalam bentuk kata kerjanya karena dipengaruhi waktu. Sedangkan bahasa Inggris berbeda dengan bahasa indonesia, jika waktu dulu atau lampau kata kerja makan harus menggunakan ate, waktu sekarang eat dan seterusnya. Nah ini berarti dalam bahasa Inggris kata kerja dari kalimat juga dipengaruhi oleh penggunaan waktu. Selain itu, bentuk subjek dari sebuah kalimat juga dapat mempengaruhi bentuk dari suatu kata kerja. Jadi, tidak heran jika kemudian ada grammar atau tatanan bahasa yang mengatur penyusunan kalimat.
Sekarang apabila kita ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik, tentunya kita juga harus menguasai akan Rumus Tenses Bahasa Inggris sebanyak 16 tenses. Akan tetapi, mengingat kita bukanlah native speaker asli pastinya ada rasa keraguan dan kesulitan dalam menguasai 16 RumusTenses Bahasa Inggris.
Disamping itu, terdapat banyak rumus serta peraturan dalam menerapkan Rumus Tenses Bahasa Inggrisyang mana hal tersebut kadang membuat orang-orang malas untuk mempelajarinya walaupun sudah ada contoh kalimat tenses dan artinya. Tetapi, bukankah di dalam belajar memang selalu terdapat rintangan serta kesulitannya? Nah untuk menambah pengetahuan kita tentang Rumus Tenses Bahasa Inggris, langsung saja kita sama-sama belajar 16 rumus tenses dibawah ini:
1.    SIMPLE PRESENT TENSE
Simple present tense adalah salah satu Rumus Tenses Bahasa Inggris yang sering dipakai di dalam penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya, simple present tense ini dalam penggunaannya bisa difungsikan untuk menyatakan kebiasaan, fakta, serta kejadian-kejadiaan yang terjadi pada saat sekarang.
Berdasarkan namanya rumus yang dimiliki relatif simple. Ada dua bentuk rumus dari simple present tense:
Form:
Verbal
(+) S+V1(s/es)+O
 (-) S+do/does+not+V1
(?+) do/does+S+V1
(?-) don’t/doesn’t+S+V1
Nominal
(+) S+   be­__+3 C
        is/am/are
(-) S+   be__+not+3 C
       is/am/are
(?+)   be__+S+3 C
      is/am/are
(?-) isn’t/aren’t+S+3 C

Time signal


-          Always
-          Often
-          Usually
-          Generally
-          Habitually
-          Seldom
-          Rarely
-          Once a. . . .
-       Twice a. . . etc
-       Now and then
-       Occasionally
-       On and off
-       Everyday/week,etc
-       For time to time
-       Never
-       Regularly
-       Steadly


Contoh penggunaan simple present tense adalah :
·         He is so handsome
·         She is so Handsome
·         You always work very hard in the office

2.    PRESENT CONTINUOUS TENSE
Present Contiunous Tense adalah Rumus Tenses Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung pada saat bicara, menyatakan rencana yang akan dilaksanakan segera (future meaning), menyatakan kejengkelan/kekaguman bila digunakan bersama kata keterangan seperti: always, continually, constantly, forever.
            Form:
Verbal
(+) S+   be  ­ +Ving
          is/am/are
(-) S+   be  ­+not+Ving
          is/am/are
(?)  be_    + S + Ving
      is/am/are
(?) isn’t/aren’t+S+Ving

Nominal
Form-nya sama dengan Simple Present Nominal
·         She is driving a car
·         He is reading a book
·         The are talking each other
Simple Past Tense adalah pola tenses bahasa inggris kebalikan dari Simple Present Tense, yang mana memiliki fungsi untuk menyatakan suatu keadaan atau kegiatan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau serta digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dilakukan berulang-ulang di waktu lampau (habitual action in the past).
Form:
Verbal
(+) S+V2+O
(-) S+did+not+V1
(?) Did+S+V1
(?+) Didn’t+S+V
Nominal
(+) S+  be_+3 C
         was,were
(-) S+ be + not + 3 C
        was,were
(?)  be_+S+ 3 C?
      was,were
Note
S + Used to + V1
S+ Used to+inf
S + would + V1
Contoh penggunaan simple present tense adalah :
·         Last month, she always met her boyfriend.
·         The school started at 07.00 pm.
·         I sent you a letter yesterday
                  
Tenses yang satu ini sering digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lampau.

Form:
Verbal
(+) S+    be       + Ving
         was,were
(-) S+   be      + not+Ving
        was,were
(?)      be     + S+Ving
    was,were
Nominal
Bentuknya sama dengan nominal simple past
Time Signal:
menggunakan specific time signal
ex:
-       at this time yesterday
-       at 7 last week

5.    PRESENT PERFECT TENSE
Present perfect tense ini adalah Rumus Tenses Bahasa Inggris yang fungsinya adalah menyatakan perbuatan yang baru saja dilakukan. Biasanya digunakan just, menyatakan perbuatan yang mulai di masa lampau dan berakhir pada saat bicara, menyatakan perbuatan yang mulai di masa lampau dan masih bearlangsung sampai saat bicara.
Form:
Verbal
(+) S+have/has+V3
(-) S+have/has+not+V3
(?+) have/has+S+V3
(?-) haven’t/hasn’t+S+V3
Nominal
(+) S+have/has+been+3C 
(-) S+have/has+not+been+3 C
(?+) Have/has+S+been+3 C
(?-) Haven’t/hasn’t+S+been+3 C
Time Signal
Menggunakan time signal biasa
Just : baru saja
Already : sudah
Not…yet : belum
Never : tidak pernah
Recently : baru-baru ini
Lately : akhir-akhir ini
Since + Beginning of Time
For + Duration of Time
Nah, kira-kira seperti diatas gambaran mengenai 16 tenses dalam bahasa Inggris yang dapat kalian pelajari bersama. Dalam artikel ini masih dibahasa 5 tenses. Pembahasan berikutnya bisa ditunggu artikel berikutnya. Mulailah untuk menghafal Rumus Tenses Bahasa Inggris secara bertahap.      
Belajar bahasa inggris sendiri tentu membosankan apalagi menghafal tenses harus ada pendamping. Nah, kamu jangan khawatir untuk kamu yang berdomisili di daerah Pare, Tulungagung dan Yogyakarta bisa mengikuti kursus di lembaga bahasa inggris NTC. NTC ini merupakan lembaga kursus bahasa inggris cabang dari kampung inggris. Kamu disini akan diajari menghafal 16 tenses cepat dan mudah selalu diingat. Setelah itu, Rumus Tenses Bahasa Inggris sebanyak 16 tenses bisa dengan mudah kalian kuasai. Kamu bisa mendatangi alamat dibawah ini atau menghubungi no. Telp yang tertera.
NTC PARE jl Brawijaya 20A 085 702 651 855
NTC Yogyakarta jl. Cantel no 9 085 740 700 976
NTC Tulungagung dsn. Srigading ds. Bolorejo Kauman Tulungagung 085 056 362 225
Dengan dibukanya 3 cabang lembaga kursus bahasa inggris NTC ini membuktikan bahwa NTC termasuk lembaga yang berkualitas. So, kamu jangan khawatir bahwa NTC adalah lembaga asal-asalan.

Posting Komentar

0 Komentar

banner