CARA ASYIK BELAJAR BAHASA INGGRIS


Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris Lewat lagu dan permainan
       Bahasa Inggris yang kita kenal selama ini adalah bahasa asing yang paling populer dan digemari di dunia, dan banyak cara menguasainya salah satunya dengan belajar bahasa inggris dengan lagu dan permainan. Penutur bahasa Inggris pun adalah yang terbanyak di dunia di antara sekian bahasa asing lainnya. Kita yang selama kurang lebih 12 tahun diperkenalkan dengan bahasa Inggris mulai dari menjejaki bangku sekolah dasar hingga menapak ke kursi perguruan tinggi pastinya sangat akrab dengan bahasa asing nomor satu di dunia ini. Pelajaran bahasa Inggris yang selama ini kita dapat pun biasanya cenderung repetitif atau diulang-ulang. Tetapi tetap saja tidak sedikit orang yang kurang menguasai bahasa Inggris atau bahkan ada yang tidak tertarik sama sekali setelah sekian lama dengan bahasa asing ini. Banyak hal yang menyebabkan ketidaknyamanan belajar bahasa Inggris, dan salah satunya adalah metode belajar. Ya, metode belajar itu sangat penting dalam pembelajaran sesuatu,nih metode seru ala NTC TULUNGAGUNG .
ANDA BISA MENCOBA BEBERAPA JENIS PERMAINAN INI :
 Whisper Race
Sesuai dengan namanya, permainan ini mengandalkan ingatan atau memori. Caranya, bagi peserta permainan ke dalam dua tim. Salah satu dari peserta tim tersebut diberi daftar kata yang perlu mereka hafalkan. Kemudian daftar kata tersebut dibisikkan ke peserta satu tim lainnya. Peserta terakhir wajib menyebutkan daftar kata yang diberikan secara lengkap. Tim yang menghilangkan salah satu kata dari daftar kata yang telah diberikan, dinyatakan kalah.
 Hide and Seek
Permainan ini dapat melatih penggunaan preposisi dalam bahasa Inggris. Caranya, seorang peserta diminta untuk meninggalkan kelas sementara peserta yang lainnya bertugas menyembunyikan barang. Kemudian, peserta yang keluar tadi diminta untuk menemukan lokasi benda-benda yang disembunyikan dengan memberikan pertanyaan.
 What’s Missing?
Permainan ini menggunakan media gambar dalam bentuk puzzle. Setiap peserta berlomba untuk dapat menebak potongan gambar yang hilang dengan mengajukan jawaban yang sesuai grammar bahasa Inggris.
 Action Game
Permainan ini mengandalkan gerak tubuh. Pilih salah satu peserta untuk membacakan sebuah cerita lalu coba praktikkan setiap bagian kata dalam cerita yang dapat dipraktikkan. Jenis permainan ini juga dapat melatih kekayaan kosa kata bahasa Inggris yang dimiliki. Bagi mereka yang salah praktikkan, berilah sedikit hukuman lucu-lucuan.

Market Game
Permainan jenis ini menguji pesertanya untuk dapat membuat komposisi kalimat yang baik. Berilah satu kalimat pertama yang gagasannya mengarah pada kegiatan berbelanja di pasar, sebagai contohnya. Perhatikan setiap peserta yang memberikan kalimat, apakah susunan grammar, penguasaan kosa kata, dan pelafalan katanya sudah baik. Dengan saling mengoreksi, Anda juga bisa sambil belajar.

BELAJAR BAHASA INGGRIS LEWAT MUSIK DAN LAGU:


Begitu banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mempelajari Bahasa Inggris, tidak perlu mengandalkan cara-cara konvensional seperti buku teks pelajaran serta pelajaran Bahasa Inggris basis sekolah, melainkan belajar Bahasa Inggris lewat musik dan lagu terbukti cukup efektif bagi banyak orang.
Anak-anak sewaktu kecil seringkali ketika di Taman Kanak-kanak diajari lagu-lagu untuk dihafalkan dan dinyanyikan bersama, bahkan jauh sebelum Taman Kanak-kanak, orangtua sering menyanyikan dan mengajarkan lagu-lagu anak kecil untuk anak mereka. Musik dan lagu di sini berperan tidak sekedar sebagai media hiburan untuk menina bobokan anak tidur, atau pun sekedar kegiatan mengisi luang agar mereka yang menyanyi, aktif melakukan suatu kegiatan. Tidaklah demikian, sebab lewat musik dan lagu, anak-anak juga mempelajari cara melafal berbagai kata dengan baik dan tepat, juga belajar mengenal berbagai ungkapan atau istilah-istilah bahasa yang ada melalui lagu tersebut.
Ritme serta lirik pada lagu dapat membantu kita mengingat kata-kata lebih baik, terlebih lagi dengan bantuan komponen tersebut, kita dapat memahami pesan lagu lebih dalam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.
Tentunya belajar Bahasa Inggris lewat musik dan lagu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya selain lebih mudah untuk mengingat dan memahami Vocabulary secara lebih efektif, menyanyikan lagu tersebut dapat membantu mengembangkan Pronunciation skills dengan intonasi yang alami, serta mengasah aksen kita agar dapat menyerupai aksen seorang Native Speaker. Selain itu kita dapat mengenal berbagai istilah-istilah serta ungkapan modern yang digunakan saat ini, juga pepatah-pepatah umum lewat lagu. Melalui cara ini, belajar Bahasa Inggris menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan bagi kita. Sayangnya edukasi bahasa tidak dapat diandalkan hanya dari sini saja, karena walau terdapat beribu-ribu lagu Bahasa Inggris yang bagus, tetap saja pembelajaran melalui media ini cukup terbatas. Dari sisi Grammar, banyak lagu yang memiliki Grammar yang salah, dan untuk aksen, tersedia berbagai macam lagu dengan aksen yang berbeda-beda, dan proses pembelajaran melalui music dan lagu terlepas dari peran seorang pembimbing atau mentor, yang dalam hal edukasi, sangatlah penting. Namun, di luar daripada itu belajar Bahasa Inggris lewat musik dan lagu selalu menjadi pilihan yang baik bagi kita yang ingin mencari opsi yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa asing.
Nah buat adik yang penarasan dan ingin mencoba belajar bahasa inggris yang menyenangkan bisa gabung di 

\NTC TULUNGAGUNG

Dsn:Srigading –Bolorejo-Kauman

Tlpn:085856362225

Posting Komentar

0 Komentar

banner