Game Angka Bahasa Inggris di NTC Tulungagung | 085856362225




Game Angka Bahasa Inggris -  Mengajari anak belajar berhitung sejak usia dini merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua, mengingat anak sedang pada masa-masanya senang bermain. Tentunya, sebagai orangtua kita menginginkan anak kita bisa mencapai kemampuan tertentu selama masa tumbuh-kembangnya. Semisal, pada anak seusia 2 tahun keatas kita mulai bisa mengajarkan anak mengenal huruf alphabet dan angka. Terkadang, ini bisa menjadi sulit saat anak kita tidak mau belajar dan cenderung memilih untuk bermain. Untuk itu, diperlukan strategi-strategi tertentu untuk orangtua terapkan agar anak tetap enjoy belajar mengenal huruf dan angka. Pada kesempatan kali ini, Private Inggris NTC Tulungagung membagikan beberapa games yang biasa kami terapkan untuk mengenalkan angka pada anak-anak:
1.      Fizz Buzz
Game Angka Bahasa Inggris  ini dapat dimainkan oleh siswa yang telah mempelajari angka mulai dari 1 - 100 dalam bahasa Inggris. Semua angka dapat dipilih menjadi angka “Fizz” dan “Buzz”, semisal angka 3 untuk “Fizz” dan angka 5 untuk “Buzz” hal ini juga berlaku untuk setiap angka yang mengandung angka 3 dan 5. Contohnya: 1, 2, fizz, 4, buzz, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, fizz, 14, buzz ... dan seterusnya. Permainan dimulai dengan  meminta siswa pertama menyebutkan angka "one", lalu siswa kedua menyebutkan angka "two", siswa ketiga mengganti angka "three" dengan mengucapkan “Fizz”, kemudian siswa keempat menyebutkan angka "four", siswa kelima mengganti angka "five" dengan mengucapkan "Buzz" dan ini berlaku untuk setiap angka yang mengandung 3 dan 5 (13,15,23,25,33,35,... dan sebagainya). Proses menghitung  berlanjut dari siswa ke siswa yang lainnya secepat mungkin untuk menambah kesenangan siswa. Untuk selanjutnya mungkin angka 3 dan 5 bisa diganti dengan angka 4 dan 6 atau angka yang lain yang tentunya sama harus mengucapkan “Fizz” dan "buzz" pada masing-masing angka tersebut. Kata “Fizz” dan "Buzz" juga bisa diganti  dengan menggunakan yel-yel lain yang lebih familiar dengan telinga siswa, contohnya kata "hore", "horas", "prikitiw", “telolet” dan sebagainya.

2.      Take a Number
Pada Game Angka Bahasa Inggris  ini sangatmudah diaplikasikan ke dalam kelas. Permainan ini dimulai dengan gurumengucapkan "Take a number", kemudian siswa diminta untukmenuliskan sebuah angka sembarang semisal angka 5 di kertasnya. Kemudian gurumelanjutkan dengan mengucapkan "plus two", siswa pun harusmenambahkan angka 2 ke angka yang mereka pilih. Guru juga bisa menyebutkan "Minus____", "Devided by____" atau "Multiplied by____". Setelah selesai menghitung, siswa diminta untuk mengumpulkan kertas berisi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkaliahan tersebut. Siswa yang menjawab dengan benar akan mendapatkan reward (hadiah) dan untuk siswa yang salah akan mendapatkan punishment (hukuman).

3.      Magic cards
Caranya, ambil kertas karton atauasturo, kemudian potong menjadi kotak-kotak kecil. Kemudian kita lipatkecil-kecil atau kita gulung seperti pada kocokan arisan. Masing-masing magiccard akan dituliskan 1 (satu) kata berupa petunjuk tentang ciri-ciri darisuatu benda di sekitar kelas, petunjuk tersebut diambil oleh setiap pemain yang kemudian isinya dibacakan oleh guru (disini guru bertindak sebagai fasilitator). Satu kata yang telah dibaca oleh guru selama 2 (dua) kali tersebut, ditulis oleh pemain yang bertugas untuk mengambil magic card tadi. Setelah semua magic cards terbuka,
para pemain harus menyusun kata-kata yang telah ditulis dalam secarik kertas itu dan membaca susunan kata tersebut dengan keras, lalu menebak dan menunjuk benda yang ciri-cirinya sesuai dengan kalimat yang telah disusun itu. Bagi tim yang bisa mengumpulkan poin paling tinggi yang didapat dengan menambahkan jumlah poin dari 2 (dua) pemain dalam 1 (satu) tim, tim tersebut yang akan menjadi pemenang, bagi yang kalah ada hukumannya (punishment), yaitu mengubah lagu Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris dan menyanyikannya di depan kelas.
4.      Touch the Number
Permainan ini merupakan permainanangka yang ditujukan untuk melatih kemampuan mendengar dan berhitung siswa.Sebelum mengaplikasikan permainan ini dalam kelas, tuliskan beberapa angka pada kertas stiker yang sudah dipersiapkan. Misalkan saja kita akan menggunakan 10 kertas stiker. 10 kertas stiker tersebut kemudian dituliskan angka dari 1 - 100 secara acak, misal 12, 34, 6, 62, 74, 23, 9, 18, 90, dan 45. Tempelkan 10 kertas stiker tersebut di dinding-dinding kelas. Kemudian Buat lah beberapa soal matematik dasar yang jawabanya adalah angka-angka yang ada dikertas stiker tersebut, misal 6 x 2 = 12, 40 - 6 = 34, , 12 : 2 = 6, 58 + 4 = 62,.. kemudian seterusnya.
Permainan ini dimulai ketika siswa sudah menguasai materi 'Matematics' dalam bahasa Inggris seperti 'plus', 'minus', 'devided by', dan 'multiplied by'. Setelah semuanya siap, siswa diminta untuk berdiri di tengah kelas dan diminta untuk memperhatikan apa yang guru ucapkan. Guru menyebutkan satu soal yang telah dibuatnya, semisal "two multiplied by six equals ...". Siswa kemudian diminta untuk menjawab soal tersebut. Jika siswa sudah tahu jawabannya, siswa diminta untuk menyentuh jawaban yang tersedia pada 10 kertas stiker yang telah ditempelkan di dinding. Ulangi kegiatan tersebut sampai 10 soal yang telah dibuat berhasil dipecahkan oleh siswa semua. Siswa yang paling banyak menjawab dengan benar akan mendapat point tertinggi dan mendapatkan reward (hadiah).
5.      Shocking Cards (Kartu Kaget/Tepok Nyamuk)
Pada permainan ini kita menggunakan kartu remi sebagai media. Sebagai mana telah kita ketahui, kartu remi terdiri dari angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, King, dan As. Permainan ini hanya menyebutkan angka-angka tersebut sembari mengeluarkan kartu dan di taruh di tenang lingkaran. Permainan dimulai dengan mengkocok kartu dan bagikan ke semua peserta, misalkan ada 3 pemain. Pastikan semua kartu yang dipegang pemain dalam keadaan terbalik saat membaginya. Misalkan permainan dimulia dari pemain A. Pemain A menyebutkan angka-angka dalam kartu remi dimulai dari 2 sembari mengeluarkan satu kertunya dilantai. Pemain B kemudian melanjutkannya dengan menyebut 3 beserta mengeluarkan satu kertunya dilantai.
Kemudian pemain C juga melanjutkan dengan mengucapkan angka 4 sembari mengeluarkan satu kartu dilantai. Ulangi sampai menyebut As lalu kembali ke 2. Jika angka yang disebut dan kartu yang dikeluarkan sama maka kartu tersebut harus di tepok. Peserta yang terakhir menepok kartu tersebut akan diminta pertanyaan yang tentunya berkaitan dengan angka. Contoh, pemain A menyebutkan angka 4 dan mengeluarkan kartu Jack, dilanjutkan dengan pemain B menyebutkan angka 5 tetapi kartu yang dikeluarkan juga sama yaitu angka 5, maka kartu tersebut harus di tepok.

Demikian ulasan games angka  yang bisa digunakan untuk mengajarkan anak-anak belajar berhitung dalam bahasa inggris. Bagi anda yang berminat mendaftarkan putera-puteri anda pada bimbingan les privat bahasa inggris, kami Privat Bahasa Inggris NTC Tulungagung menawarkan program-program khusus yang dapat diikuti oleh anak-anak mulai dari TK hingga SMA, mahasiswa dan Umum. 

1. English for Children
Program ini didesain khusus untuk nak-anak mulai TK sampai SD. 
2. Program Privat Speaking dan Grammar
Program ini bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan teman, komunitas, saudara maupun orangtua. Program ini diperuntukkan bagi siswa SMP/SMA, Mahasiswa dan Umum. 
3. Program Privat TOEFL dan Tes TOEFL langsung.  
Bagi anda yang membutuhkan sertifikat TOEFL, kami membuka kesempatan bagi anda yang ingin les TOEFL. 
4. Tes TOEFL. 
Program ini bisa anda ikuti jika anda sudah memiliki dasar grammar yang baik, anda bisa langsung meakukan tes di Privat Bahasa Inggris NTC Tulungagung. 
5. Program Liburan. 
6. Program Ramadhan dan masih banyak lagi. 

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi Contact Person kami via WA 085 856 362 225. Atau anda bisa langsung mengunjungi tempat kami yang beralamatkan di Dsn. Srigading DS. Bolorejo Kec. Kauman Kab. Tulungagung.

IG ntc_kampunginggris_tulungagung


Posting Komentar

0 Komentar

banner