Pengertian Main Clause beserta contohnya | 085856362225



Halo sobat NTC, pastinya teman-teman pernah mendengar tentang kata-kata Clause dalam bahasa inggris. Clause merupakan kalimat yang tersusun dari beberapa kata. Pada bahasa inggris terdapat beberapa Clause, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian, pembagian dan contoh Clause dalam kalimat. Untuk lebih memahami dan mengerti tentang Clause dan juga ilmu bahasa inggris bisa datang langsung ke kantor NTC tulungagung di desa Bolorejo Kauman Tulungagung.
Pengertian Main Cluase
Clause atau Main Clause merupakan suatu kalimat yang terdiri dari sebuah Subjek dan juga kata kerja (Verb). Contohnya : She like flowers. Kalimat tersebut merupakan contoh dari main clause.

Jenis – Jenis Clause

Terdapat beberapa jenis Clause sebagai berikut:
1. Independent Clause
Independent Clause adalah kelompok kata yang menggambarkan suatu ide atau pemikiran yang lengkap. Oleh sebab itu, Independent Clause dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat utuh tanpa adanya kalimat pendukung.
Ciri – Ciri Independent Clause:
• Mempunyai subjek (orang yang melakukan aktivitas tertentu)
• Memiliki sebuah tindakan, aktivitas, atau aksi (predikat) yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek.
• Mengandung sebuah ide sehingga membuat para pembaca dapat mengerti informasi yang disampaikan.
Contoh Independent Clause:
·         I and my friend arrive in the Jakarta. (saya dan teman saya tiba di Jakarta.
·         She bought a new bag from Tanah Abang market. (dia membeli tas baru di pasar Tanah Abang)
Contoh diatas merupakan independent clause karena terdapat Subjek dan kata kerja sehingga dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat yang memiliki makna.
2. Dependent Clause
Dependent Clause adalah sekelompok kata yang memiliki subjek dan predikat, tetapi tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan kalimat pendukung. Karena makna yang tidak utuh inilah Dependent Clause tidak dapat dipahami dengan baik oleh pembaca sehingga membutuhkan informasi tambahan.
Ciri – Ciri Dependent Clause:
• Terdapat kata hubung (conjunction): but, or, and, so, for, dan sebagainya.
• Terdapat marker word (kata hubung yang biasa digunakan dengan Dependent Clause): after, before, whenever, while, in order to, although, so that, though, even if, even though, dan sebagainya.
Contoh Dependent Clause
·         I was studying english in the living room before my sister came. (saya sedang belajar bahasa inggris sebelum kakak saya datang)
·         Tina can drive a car but she did not have a license. (Tina dapat mengemudikan mobil tetapi dia tidak memiliki SIM)
Contoh Kalimat gabungan antara Independent Clause dengan Dependent Clause:
• My little sister and I went to the zoo. (Independent Clause)
• After my sister and I visited our grandmother. (Dependent Clause)
Kedua kalimat di atas jika digabung menjadi satu akan menghasilkan sebuah kalimat yang utuh, yaitu:
My little sister and I went to the zoo after we visited our grandmother.
(Adik perempuan saya dan saya pergi ke kebun binatang setelah kami mengunjungi nenek kami)

Jenis – Jenis Dependent Clause:

a) Noun Clause
Noun Clause merupakan anak kalimat (dependent clause) yang berfungsi sebagai kata benda (noun). Noun Clause ini sering diidentifikasikan dengan kata ‘that’ atau question word (what, where, who, when, why, how), dan juga mengikuti beberapa kata kerja (verb), seperti see, know, go, come, etc.
Contoh Kalimat:
·         The boy who invited me at the class yesterday is my new friend. (cowok yang mengundang saya di kelas kemarin adalah teman baruku)
·         That arsenal fc won last match in emirates stadium. (bahwa klub arsenal memenangkan pertandingan yang lalu di stadion Emirates)
b) Adjective Clause
Adjective Clause adalah anak kalimat (dependent clause) yang digunkan sebagai kata sifat (adjective) untuk menerangkan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Adjective Clause ini biasanya diawali dengan kata – kata seperti: whose, when, who, where, atau that.
Contoh Kalimat:
·         Mr. Hendra whose PT. Karya Utama is the biggest company in our country wan to cooperate with Apple Company. (Tuan Hendra yang mempunyai PT. Karya Utama adalah perusahaan terbesar di negara kita ingin bekerjasama dengan perusahaan Apple)
c) Adverb Clause
Adverb Clause adalah anak kalimat (dependent clause) yang digunakan sebagai penjelas kata kerja (verb) dalam kalimat kompleks.
Contoh Kalimat:
·         I usually write story fastly. (saya biasanya menulis cerita dengan cepat)
·         I invite her to come my party, but she is very busy today. (saya mengundang dia untuk datang ke pestaku, tetapi dia sangat sibuk hari ini)
Pendaftaran Kursus bisa melalui 085 856 362 225 ada WA juga. Atau bisa datang langsung di Dsn. Srigading Ds. Bolorejo Kauman Tulungagung pada pukul 08.00-16.00.   


Posting Komentar

0 Komentar

banner