Pengertian dan Rumus Causative | 085 856 362 225

Pengertian dan Contoh Causative



Pada artikel kali ini akan dibahasa tentang Pengertian dan Contoh Causative. Nah, sekarang pernahkah kamu menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang kamu inginkan? Pastinya pernah kan. apabila pernah, nah itu yang disebut causative sentence.

Sebelum kita membahas Pengertian dan Contoh Causative, kita bahas dulu verb yang digunakan dalam causative sentence. Causative verb merupakan kata kerja yang digunakan untuk menyuruh seseorang melakukan sesuatu. Causative verb atau kata kerja yang digunakan dalam kalimat causative adalah help, get, make, have, dan let. Disamping 5 kata kerja tersebut, ada pula causative yang menggunakan action verb berupa bare infinitive serta to infinitive. Banyak contoh kalimat causative dan contoh soal causative yang bisa dipelajari. Disamping itu, kita juga harus tahu penggunaan dari masing-masing causative verb.

Causative sentence digunakan ketika kita tidak melakukan tindakan tersebut, melainkan orang lain yang melakukannya, tetapi kita memiliki tanggung jawab atas tindakan tersebut, karena kita yang meminta orang tersebut melakukannya. Ada 2 tipe causatve, yaitu active causative dan passive causative. Berikut adalah Pengertian dan Contoh Causative untuk 5 kata kerja:

1.     Make

Memaksa orang melakukan apa yang kita kehendaki.

Rumus : S + make + Person + base form (verb 1)

Contoh :

·         I made him give up his lunch.

·         After Billy broke the neighbor’s window, his parents made him pay for it.

·         I made my TV work.

·         You makes me cry

 

2.    Let

Pengertian dan Contoh Causative “let” menunjukkan jika seseorang mengizinkan subjek melakukan sesuatu.

Rumus : S + (Let/Lets) + Person + Action Verb (Bare Infinitive)

Contoh :

·          I let Andrew to hold my hand.

·         let the food burn.

 

3.    Have

Pengertian dan Contoh Causative yaitu “causative have” digunakan untuk memberikan tanggung jawab kepada seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Causative have ini memiliki bentuk aktive dan passive. Causative have aktive digunakan ketika ketika  person diketahui dan disebutkan, sehingga bisa disimpulkan person adalah bagian terpenting dari kalimat yang disebutkan. Sementara itu, causative have passive digunakan apabila person tidak disebutkan, sebab kalimat hanya fokus pada aksi yang dilakukan. Disini ada sedikit perbedaan rumus causative have aktive dan causative have pasive.

Rumus :

Causative have aktive : S + have + Person + V 1

Causative have passive : S + have + object + V 3

Contoh :

·         I have my brother bring me a glass of milk. (Active)

·         Darren had me read a her book story. (Active)

·         My family had our house renovated. (Passive)

·         My computer is broken; I need to have it repaired. (Passive)

4.    Get

Pengertian dan Contoh Causative yaitu “causative get” digunakan meyakinkan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan yang kita kehendaki. Tidak berbeda dengan causative have, causative get juga mempunyai bentuk causative pasive dan causative aktive.

Rumus :

Causative get aktive : S + get + person + to infinitive verb

Causative get passive : S + get + person + V 3

Contoh :

·         I get him to pick up some pizza. (A)

·         My sister got her friend to come at 6 AM in Monday morning. (A)

·         Josung just got his books returned. (P)

·         Rianti gets her bicycle washed. (P)

 

5.    Help

Pengertian dan Contoh Causative yaitu “causative help” digunakan hanya mengimplikasikan seseorang membantu orang lain bukan meminta untuk melakukan sesuatu.

Rumus :

Subject + help + Object + verb 1

Contoh :

·         He helped me carry the boxes.

·         John helped mary wash the dishes.

·         We have to help Janet find her keys.

 

Oke, that’s all materi tentang Pengertian dan Contoh Causative. Nah jika belajar tentang materi bahasa inggris causative verb sendiri pastinya bosan atau susah untuk mencerna materi yang telah dipelajari. Kamu tidak perlu khawatir karena ada lembaga bahasa inggris yaitu NTC kampung inggris. NTC kampung inggris solusi yang tepat untuk kamu cepat dan mudah belajar bahasa inggris maupun menghafal rumus-rumus serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-sehari. Karena, di NTC kampung inggris materi akan disampaikan dengan metode yang mudah dan menyenangkan. Jadi, kamu tidak akan bosan lama-lama belajar bahasa inggris. NTC kampung inggris ada di 3 kota yaitu Pare, Yogyakarta dan Tulungagung.

Jika berminat kamu bisa menghubungi nomor dan alamat dibawah ini :

NTC Tulungagung Jl. Srabah 1/5 Karanganom, Kauman Tulungagung 085 056 362 225


 

 


Posting Komentar

0 Komentar

banner