STRATEGI LANCAR SPEAKING | 085 856 362 225



Strategi lancar speaking - Setiap hari banyak orang yang memakai bahasa Inggris baik itu di tempat kerja ataupun di kehidupan sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri, jika bahasa Inggris kini telah menjadi bagian penting di dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita bisa menguasai bahasa inggris. Namun untuk bisa lancar berbahasa inggris bukan suatu hal yang mudah. Kadang masih banyak orang yang merasa bingung, bagaimana caranya supaya bisa menguasai bahasa inggris dengan cepat. Sebetulnya tidak mudah bukan berarti tidak bisa, Ada cukup banyak metode atau strategi lancar speaking yang dapat kita gunakan. Beberapa metode atau strategi lancar speaking yang dimaksud adalah.
1. Bicara dengan diri sendiri.
Dengan berbicara pada diri sendiri, jadi Anda dapat belajar Bahasa inggris dengan mudah kapan saja. Bila Anda telah memikirkan beberapa kata, maka coba mengungkapkanya dengan bahasa inggris. Meskipun tidak ada orang yang akan mengkoreksi bahasamu, itu tidak jadi masalah, cobalah untuk tetap berbicara dengan berani, percaya diri dalam menggunakan Bahasa inggris.
2. Berfikir dengan Bahasa Inggris
Sebelum berbicara, pastinya otak kita memikirkan apa yang ingin kita bicarakan. Hal tersebut juga perlu Anda latih ketika akan berbicara Bahasa inggris. Mulai sekarang, cobalah fikirkan segala hal dalam Bahasa inggris. Sebetulnya hal ini bisa mengasah otakmu agar bisa mengingat dan juga mencocokkan kosa kata bahasa inggris yang sudah kamu pilih. Dengan cara ini maka lama kalamaan kamu pun bisa menjadi terbiasa untuk berbicara bahasa inggris.
3. Pakai Cermin untuk latihan berbicara
Luangkan waktumu beberapa menit untuk berdiri menghadap cermin dan berlatih berbicara dengan menggunakan Bahasa inggris. Pilih satu topik yang sekiranya kamu kuasai, kemudian atur waktu 2 hingga 3 menit dan mulai berbicaralah. Strategi lancar speaking ini berguna untuk melihat ekspresi wajah dan gesture tubuh kita ketika berbicara. Latihan ini bisa membuatmu seoalah-olah sedang berbicara dengan orang lain. Selama kamu berbicara di depan cermin, sebaiknya jangan berhenti. Bila ada kata yang tidak kamu ketahui, berusahalah untuk mengatakannya dengan cara lain. Hal ini bisa membuatmu untuk memilih kosa kata lainya.
4. Jangan fokus pada grammar ketika berbicara
Ketika kamu sedang berbicara dalam bahasa inggris, maka coba cek seberapa sering kamu berhenti. Semakin sering kamu berhenti, maka akan semakin tidak enak didengar dan terdengar seperti tidak percaya diri. Tantanglah dirimu untuk tidak berhenti ketika berbicara  bahasa inggris.  Memang hal ini mungkin akan membuat Bahasa inggrismu tidak terstruktur dengan baik, tapi tidak apa-apa. Yang terpenting kamu paham apa yang kamu katakan, dan begitu pula orang yang mendengarkanmu nanti. Lama kelama, setelah kamu lancar berbicara, maka kamu juga bisa menguasai grammarnya.
5. Dengar & Ulangi
Strategi lancar speaking yang selanjutnya adalah rajin mendengar dan juga mengulang. Anda sebaiknya sering menonton film luar negeri yang ada di youtube ataupun di TV. Kemudian, coba ulangilah beberapa kalimat yang anda pahami di dialog tersebut. Cobalah untuk menyesuaikan kecepatan, nada dan juga aksen  pelafalan kalimat bahasa inggris tersebut. Ada banyak acara luar yang bisa kamu tonton, salah satu acara yang wajib kamu tonton adalah serial yang berjudul "Friends".
“Friends” adalah salah satu serial drama Amerika yang cukup terkenal. Serial ini menggambarkan kehidupan nyata dan gaya hidup masyarakat di Amerika Serikat. Serial ini berisi 10 episode. Gaya lucu yang ada dalam serial ini dapat dijadikan sebagai bahan belajar untuk  berlatih bahasa Inggris dengan lebih efektif. Setelah menonton acara serial ini, tentunya kemampuanmu dalam mendengarkan dan juga berbicara pasti akan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Selain serial “friends” ada beberapa serial lain yang cukup terkenal yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran seperti, The Simpson, Prison Break, lost dan masih banyak lainya.

4. Membaca novel bahasa inggris.
Tak benar bila kamu berpikir membaca buku dan juga berbicara bahasa Inggris tidak memiliki hubungan.Justru dengan membiasakan diri membaca novel bahasa inggris dapat membantumu untuk meningkatkan pengetahuan kosa kata bahasa Inggrismu. Jika pengetahuan kosa katamu meningkat, maka hal itu akan mempermudah kamu saat berlatih berbicara.
5. Berlatih Bahasa Inggris secara online
Cara ini dapat membantumu  untuk belajar bahasa Inggris dengan cukup mudah. Hanya dengan menggunakan laptop yang telah terhubung dengan internet, kini siapa saja bisa belajar bahasa Inggris kapan saja dan dimana saja. Ada banyak kelas-kelas online yang bisa anda ikuti. Disitu kamu akan belajar banyak hal tentang bahasa inggris yang pastinya akan menambah pengetahuanmu.
Itulah beberapa strategi lancar speaking yang bisa kamu praktekan sendiri di rumah. Namun tidak bisa dipungkiri ada banyak orang yang mengeluh, meskipun sudah belajar sendiri, menghafal kosa kata, grammar, pronun dan materi lain, tapi tetap saja mereka belum bisa berbicara dengan lancar dan masih terbata-bata. Memang  semua materi yang kita pelajari tidak bisa menjamin kita lancar berbicara walaupun sudah diimbangi dengan ketekunan dalam belajar. Sebetulnya hal paling penting yang harus kita lakukan adalah menerapkan metode belajar lancar speaking yang efektif. Memang hal terbaik untuk meningkatkan skill adalah dengan berlatih secara terus- menerus.
Ibarat seperti ketika pertama kali kamu belajar naik sepeda, tentunya kamu akan jatuh berkali kali, atau bahkan sampai terluka. Tapi hal itu tidak menjadi masalah, jika kamu  berlatih terus, maka lama kelamaan kamu akan mahir bersepeda. Lalu bagaimanakah dengan belajar bahasa inggris, pastinya tak jauh berbeda. Mungkin pada awalnya akan cukup sulit,  kamu akan bicara terbata-bata, kerap berhenti saat berbicara, salah kosa kata dan masih banyak lainya. Tapi jika dilakukan secara terus menerus, maka kamu bisa berbicara dengan lancar.
Namun akan lebih baik jika selain berlatih sendiri dirumah, kamu juga mencari bantuan orang yang lebih mahir untuk mengajari kamu bagaimana tehnik belajar dan strategi lancar speaking yang benar dan efektif. Tapi bagaimana mencarinya? Tenang, karena sekarang ini banyak lembaga kursus yang mengajarkan bahasa inggris dengan tehnik dan metode yang cukup efektif. Salah satunya adalah Lembaga Kursus NTC.  NTC, yang awalnya bernama LPBA NUSANTARA, didirikan pertama kali di Pare, Kediri pada tahun 2001 yang terkenal dengan sebutan kampung inggris. Alamat NTC Pare tepatnya di Jl Manggar, Pare, Kediri. Kemudian pada tahun 2003 NTC membuka cabang di Yogyakarta tepatnya di Jl Cantel 9 Yogyakarta. Sampai sekarang alumni NTC telah mencapai 9000 lebih yang telah tersebar di seluruh penjuru tanah air. Kini NTC tidak hanya hadir di Pare dan Yogyakarta saja, tapi NTC juga hadir di tulungagung, tepatnya di Dsn Srigading, Bolorejo, Kauman, Tulungagung.
Kampung inggris sudah sejak lama menjadi tujuan kursus Bahasa Inggris oleh banyak orang dari berbagai penjuru daerah di tanah air. Kegiatan belajar yang asyik tapi tetap efektif membuat siswa tidak merasa tertekan, melainkan merasa lebih termotivasi untuk memperlajari Bahasa Inggris dengan lebih giat lagi. Kini  belajar dengan metode sama seperti di kampung inggris, Pare juga bisa kamu rasakan di NTC Tulungagung. Jadi bagi kamu siswa siswi di Tulungagung dan sekitarnya yang ingin mahir berbicara bahasa inggris, segera daftarkan diri kamu di NTC Tulungagung.

NTC Tulungagung beralamat di dsn. Srigading ds. Bolorejo Kec. Kauman Kab. Tulungagung.
Bisa juga menghubungi 085 856 362 225


Posting Komentar

0 Komentar

banner